::HELLOMAHESI- BEAUTY BLOGGER::

INDONESIA BEAUTY, FOOD, TRAVEL BLOGGER

Selasa, 20 Agustus 2019

Mengenal panggung gembira Pondok Modern Darussalam Gontor Putra dan Putri


Sukses menyelenggarakan Drama Arena, para santri akan memiliki acara besar selanjutnya, yaitu Panggung gembira. Teruntuk teman teman yang belum mengenal Drama Arena dan Panggung Gembira, atau pernah menunaikan keduanya. yuk! Bersama berbagi cerita. 

Setiap tahun, Pondok Modern Darussalam Gontor memiliki acara besar (jowo: nduwe gawe) PKA atau Perkenalan Khutbatul Arsy yang wajib dilaksanakan oleh seluruh warganya. PKA bertujuan untuk memperkenalkan sejarah pondok, kegiatan,  visi misi pondok, wadah silaturrahmi antar pondok dsbg. PKA juga menjadi acara yang ditunggu tunggu, karena dihadiri oleh Bapak Pimpinan PMD Gontor Pusat. Wejangan bapak Kyai Sahal selalu membangkitkan semangat, menambah semaraknya PKA. Seingat saya, PKA dilaksanakan selama 3-4 hari.

Panggung gembira menjadi bagian dari rentetan kegiatan PKA. Panggung gembira yang (lebih familiar disebut PG) adalah pertunjukan kreatifitas karya santri kelas 6 KMI (setara 3 SMA) yang dikemas dalam suatu penampilan-penampilan. Ada Shalawat, Tilawah quran, Sambutan ketua, Fashion Show, tari kombinasi, drama, pantomim dll. Begitu juga Drama Arena, bedanya DA diadakan untuk santri kelas 5 KMI (setara 2 SMA).

Salah satu gaun Fashion Show Panggung Gembira Prominent Generation 694
Usut punya usut, PG menjadi tolak ukur kemajuan pondok selama setahun kedepan. Mengapa demikian? karena PG akan menunjukkan persatuan dan kesolidan santri kelas 6. Santri kelas 6 ibarat tim inti pondok pada masanya. Jika tim inti solid, kegiatan yang lain bisa berlangsung lebih mudah dan baik. lalu Apa yang akan santri dapatkan dari Panggung Gembira?

1.    Persatuan dan kesolidan
Para santri belajar pentingnya persatuan untuk bisa mensukseskan acara ini, tidak mudah menyatukan ide 400 santri lebih, sedang kita tahu bahwa setiap manusia memiliki pendapat dan jalan pikirnya masing masing. Tak hanya itu, dari PG santri juga belajar menjadi manusia yang berempati.

2.    Pengorbanan dan ikhlas
Bicara pengorbanan, dibalik pertunjukan yang meriah tersebut, banyak pahlawan yang tidak terekspos kamera. Para pembimbing yang mengarahkan, bagian kesenian yang mendesain background, desain taman, ngecat 34 triplek lebih. Bagian kostum mempersembahkan gaun terbaik untuk para ketua, fashion show, gaun tari kombinasi, belum lagi make up para artis. Bagian perlengkapan mengatur keluar masuknya barang dari panggung. Sutradara panggung, operator, tanpa mereka dan kawan kawan yang bekerja sesuai bagiannya tak kan terlaksana PG yang meriah.

3.    Usaha dan doa
Panggung Gembira diadakan di luar ruangan, setiap sebelum dan sesudah latihan para santri akan berdoa untuk melancarkan Panggung gembira. Memohon untuk dihindarkan dari hal hal yang tidak diinginkan. Listrik padam, turun hujan deras, perlengkapan yang kurang.

Selamat dan sukses Panggung Gembira Prominent Generation

Sedikit cerita, Saya jadi teringat masa masa Drama Arena 688 2013 dulu. Pagi itu cuaca cerah, tidak ada tanda tanda turun hujan. Persiapan panggung juga mulai terlihat. Sore hari, desain taman juga mulai rapi. Tetapi Allah berkata lain, menjelang maghrib hujan turun teramat deras, gabah hiasan ikut terbawa air, karpet panggung basah. Para Pembina, ustadz, ustadzah, terlebih bagian kesenian mawas. Kami semua kelimpungan, khawatir kalau kalau hujan berlanjut sampai malam. Apa kembang api masih bisa berbinar dalam hujan?

Hujan belum reda sempurna, masih rintik, tetapi persiapan belum 100% apik. Alhasil kami semua bahu membahu “nguras” lapangan. Kami tidak mungkin membiarkan kaki penonton basah terendam. Lalu kesimpulannya apa kami kurang berdoa?
Bayangkan kalau pintu masuk sudah sebagus ini, nyatanya hujan deras?
Saya rasa tidak, Allah punya caraNya sendiri untuk mengabulkan untaian doa para hamba. 30-45 menit sebelum acara dimulai. Hujan benar benar reda, awan bersahabat, meski malam namun sangat cerah. Semua lancar Alhamdulillah… kembang api mengudara, meskipun setelah tampil, baju banyak yang basah akibat karpet panggung yang kuyup. Drama Arena masa itu berakhir bahagia.



Terima Kasih banyak sudah membaca sampai sini, semoga bermanfaat, dan see you guys in next post! Bai bai. Ah iya, ngomong ngomong aku buat Vlog lhoo saat nonton PG Prominent bisa dilihat dibawah ini ya.. makasi banyak








Tidak ada komentar:

Posting Komentar