::HELLOMAHESI- BEAUTY BLOGGER::

INDONESIA BEAUTY, FOOD, TRAVEL BLOGGER

Selasa, 07 Mei 2019

Sukses mendapatkan Beasiswa luar dan dalam negeri, simak tips ini!



Ilustrasi: https://makassar.sindonews.com

Ketika kita mendengar kata beasiswa, imajinasi kita secara spontan akan berfikir mengenai biaya pendidikan gratis, uang tunjangan selama studi, bahkan jalan jalan gratis di luar negeri, sejak zaman dahulu kala siapa sih yang tidak suka belajar gratis, hmm? Maka dari itu, tidak heran jika jutaan muda mudi di seluruh dunia berlomba lomba untuk mendapatkan beasiswa impiannya. Tetapi tidak sedikit juga, mereka yang berfikir bahwa mendapat beasiswa itu sukar, sudah mencoba berkali kali tapi tetap saja gagal, putus asa dan pada akhirnya melupakan impian beasiswa mereka, naas sekali bukan?

Meski demikian, beasiswa juga tetap menawarkan pilihan pilihannya yang menggiurkan, seperti: beasiswa Erasmus mundus yang memberikan fasilitas berkeliling di 9 negara benua eropa, juga Beasiswa dalam negeri program lanjut doktor. Perlu diketahui, semua beasiswa memiliki “berkah”nya masing masing dan semuanya menarik. Poin pentingnya adalah pilihan kesuksesan beasiswa ada pada diri kita masing masing. Jika kita berputus asa dan menyerah berarti kita akan kehilangan kesempatan luar biasa, sedangkan jika kita tetap berjuang, beasiswa impian tidaklah mustahil untuk didapatkan. Naaaah..Apabila kalian adalah para pemburu beasiswa sekaligus pejuang tangguh, mari simak tips memilih beasiswa berikut ini: 
©shutterstock
1.      Nyali dan motivasi yang selalu prima
Nyali dan motivasi menjadi kebutuhan primer untuk sukses berburu beasiswa, bagaimana bisa? Karena kita akan menghadapi penolakan, diabaikan penyelenggara, serta harus siap lelah tanpa hasil. Bukan tidak mungkin sekali mengajukan lalu diterima, tetapi jika mental kita tidak siap, akan berujung pada putus asa dan menyerah. Pengajuan pertama diterima adalah anugrah namun jika ditolak kita harus melanjutkan perjuangan lagi, bukan berhenti lantas memilih mati. Ingat! Mental kuat, nyali dan motivasi!
2.      Miliki Tujuan yang jelas lagi realistis
Semangat, nyali dan motivasi yang membara akan sia sia jika tidak diarahkan pada tujuan yang jelas. Artinya, pilihlah biasiswa yang sesuai dengan minat, kesukaan lagi bermanfaat untuk masa depan. Hendaknya juga disesuaikan dengan kemampuan dan tidak memaksakan diri, misalnya seseorang yang ahli dalam ilmu bahasa memperjuangkan beasiswa matematika, bukan tidak mungkin tapi menurut nalar manusia kemungkinan lolos beasiswa sedikit, disamping itu kampus tujuan juga harus dipertimbangkan.
3.      Rajin memantau informasi
Informasi adalah kunci, kita harus sering membuka website kampus dan penyelenggara beasiswa yang kita bidik agar kita dapat mempersiapkan diri, mengetahui deadline pengumpulan berkas, juga informasi terkait. Jangan segan untuk mencari informasi dari penerima beasiswa terdahulu, informasi dari mereka akan sangat membantu, tanyakan persiapan mereka, jika memungkinkan mintalah berkas mereka terdahulu, bukan untuk dicontek tapi untuk dipelajari.
4.      Jangan lupakan syarat dan ketentuan
Setiap penyelenggara beasiswa memiliki kualifikasi dan kriteria yang berbeda, baiknya kita mempelajari apa yang penyelenggara inginkan lagi butuhkan juga latar belakang penyedia beasiswa. Jika penyelenggara berlatar belakang sosial kemasyarakatan berarti kita harus mempelajari isu isu terkait masyarakat, kebutuhan mereka, gerakan sosial yang pernah kita lakukan. Penyelenggara beasiswa tidak akan memeilih seseorang yang tidak sesuai dengan visi dan misi mereka tentunya.
5.      Deadlinenya tulis! Big no to late
Hal yang sering diperhatikan penyelenggara beasiswa adalah ketepatan waktu pengumpulan berkas. Kita wajib menulis deadline pengumpulan, deadline wawancara dan semua kebutuhan beasiswa. Ketepatan waktu menunjukkan keseriusan juga profesionalitas kita sebagai calon penerima beasiswa.
6.      Siapkan Plan B, timeline dan checklist
Tips selanjutnya adalah mempersiapkan rencana B. Ikuti banyak beasiswa yang sesuai minat juga kemampuan, tulis semua beaiswa yang diikuti juga kebutuhan beasiswa, usahakan berbentuk timeline jika sudah terlaksana semua piranti beasiswa beri checklist penanda. Lengkapi seluruh kebutuhan beasiswa mu di iPrice Indonesia, buku buku terbaru, elektronik penunjang juga alat tulis kantor tersedia dengan banyak pilihan serta dapat dibeli dengan harga sesuai budget.

Setelah sekian banyak usaha yang kita lakukan, usaha terahir adalah menyerahkan diri kepada kuasa Tuhan sambil terus memperbaiki kualitias diri kita. Mari haturkan doa agar Dia memberikan petunjuk akan pilihan yang terbaik. Terima kasih telah membaca semoga bermanfaat dan selamat berjuang!
salam hangat hellomahesi.id.

2 komentar:

  1. Poin siapkan plan b dan timeline. Ngena banget!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar siap kalau ternyata diabaikan hiks hiks

      Hapus